Kurva Lissajous di Excel

File excel pada posting kali ini cukup sederhana, karena hanya menggunakan 1 sheet saja. Tema file excel kali ini adalah menggambar kurva lissajous yaitu visualisasi paduan antara 2 buah sinyal gelombang sinusoida dalam persamaan parametrik
Jules Antoine Lissajous.jpeg
x=A\sin(at+\delta),\quad y=B\sin(bt),
Visualisasi yang ditemukan oleh Jules Antoine Lissajous ini digunakan sebagai analisa hubungan antara dua buah sinyal sinusoida misalnya yang terukur oleh peralatan osiloskop.
Pada excel ini, pengguna mengatur besaran parameter kedua fungsi sinyal. Untuk sinyal pertama bisa diubah nilai amplitudo, frekuensi dan sudut fasa, sedangkan sinyal kedua bisa diubah nilai ampitudo dan frekuensi. Amplitudo dibatasi hanya bilangan bulat antara 1-10 saja, karena hasil visualisasinya hanya mempengaruhi tinggi atau lebar dari kurva lissajous, namun supaya lebih mudah memahami fasilitas perubahan amplitudo ini diberikan. Besaran parameter frekuensi sangat mempengaruhi bentuk kurva lissajous. Anda bisa bereksperimen dengan merubah nilai frekuensi masing-masing fungsi sinyal untuk melihat hasil yang didapatkan. Nilai frekuensi yang bisa diisikan adalah bilangan antara 0,1 hingga 10 dengan step 0,1, tidak harus bilangan bulat.  Terakhir adalah parameter sudut fasa pada fungsi pertama, silakan anda ubah untuk melihat apakah dampaknya pada kurva lissajous. Sudut fasa dapat diisikan bilangan bulat antara 0-360.
Ada 2 grafik yang ditampilkan dalam excel ini, yang pertama adalah grafik kurva lissajous itu sendiri yang berukuran besar dan berwarna latar coklat muda. Sedangkan grafik kedua terletak di bawah input parameter di sebelah kiri berlatar putih. Grafik kedua menampilkan kedua fungsi dalam fungsi t.
lissa0
Membuat kurva lissajous ini tidak terlalu sulit. Perhatikan saja data pada sel S16:U707, ada sekitar 692 data yang diisi berdasarkan input parameter kedua fungsi. Data-data inilah yang digunakan untuk plotting kedua grafik yang diinginkan.
Catatan : dalam mengatur/mengisi parameter sinyal, anda TIDAK BOLEH mengisikan langsung angka pada sel-sel di kolom C, melainkan harus menggunakan scroll bar seperti gambar di bawah ini. lissa1
Selamat mencoba dan memodifikasi file excel ini secara bebas jika diperlukan.
Untuk mengunduh file excel lissajous.xlsx silakan klik tautan berikut:
unduh file excel
Selamat Mencoba

Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar