Kurva dengan Koordinat Kutub dengan Excel


Koordinat polar merupakan sistem koordinat 2 dimensi yang diajarkan di pelajaran matematika selain koordinat kartesian. Jika pada koordinat kartesian menggunakan komponen x dan y, maka fungsi dalam koordinat polar menggunakan komponen jarak (r) dan sudut (θ). Karena plotting/menggambar grafik pada excel berbasis koordinat kartesian, maka dilakukan konversi :









Jika kita tentukan suatu fungsi r(θ), yang berisikan fungsi-fungsi periodik (sinus/cosinus) dan fungsi tersebut digambar maka kita bisa menemukan kurva-kurva yang sangat menarik, seperti limaconcardioid, atau kurva-kurva menarik lainnya.
Excel ini memiliki 2 bagian, yaitu penjumlahan fungsi dan perkalian fungsi. Jumlah fungsi yang bisa diikutkan hingga 4 fungsi sinus atau cosinus. Cara menggunakan kedua bagian hampir sama yaitu mengatur parameter untuk setiap fungsi. Pada bagian penjumlahan setiap fungsi dapat diatur amplitudo, jenis fungsi, frekuensi dan pangkat. Contoh bila fungsi yang diinginkan  maka isilah amplitudo = -3, fungsi = cos, frek = 1,5 dan pangkat = 1,2.
Sedangkan pada bagian perkalian yang dapat diatur adalah amplitudo. jenis fungsi, frekuensi serta sebuah konstanta. Contoh fungsi dibuat dengan mengisi amplitudo = -1, fungsi = sin, frekuensi = 100 dan plus = 2. Untuk me-nonaktif-kan fungsi cukup dengan memberi nilai 0 pada amplitudo atau frekuensi, maka fungsi yang non aktif akan berwarna abu-abu.

Perlu diperhatikan, di excel ini ditambahkan fasilitas untuk mem-plot kurva dalam range θ dari 0 hingga batas tertentu(maksimal 20π) karena dapat saja sebuah fungsi akan sama dengan saat nilai θ = 0 saat θ > 2π

Berikut adalah contoh-contoh output excel ini :
Selamat mencoba berbagai kombinasi untuk menampilkan kurva kurva yang indah dan menarik. berikut file Excel yang dapat sahabat download dan pelajari.
Download

Semoga Berhasil




Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar