Visualisasi Operasi Matematika Fungsi Sinusoida dengan Excel (Deret Fourier Part 1)


Saat belajar deret Fourier, kita dikenalkan oleh fungsi periodik sinusoida dengan periode 2π yaitu sin(x), lalu fungsi-fungsi dengan frekuensi kelipatan bilangan bulatnya seperti sin(2x), sin(3x), sin(4x) dan sebagainya.
Dengan bantuan excel, dapat dibuat visualisasi untuk menggambarkan fungsi-fungsi periodik tersebut baik sinus maupun cosinus. Bila dilakukan operasi penjumlahan pada beberapa fungsi periodik tersebut maka dihasilkan sebuah fungsi baru yang ternyata merupakan fungsi periodik juga dengan frekuensi 2π.
Sebagai contoh pada gambar di bawah ini menggambarkan operasi matematika :
cos(x) + 0,4 sin(2x) – 0,8 sin(4x)
Kendali pada excel ini menggunakan scrollbar untuk merubah nilai komponen amplitudo cosinus atau sinus. Excel ini mirip dengan post terdahulu tentang harmonisa dalam sistem tenaga listrik namun berbeda dalam konsepnya.
Hasil operasi cos(x) + 0,4 sin(2x) – 0,8 sin(4x) nampak pada gambar berikut.
Selain operasi penjumlahan, yang dapat ditampilkan visualnya dalam excel ini adalah operasi perkalian 2 fungsi. Pada sheet ‘kali’ input dilakukan dengan mengetik secara manual nilai amplitudoi serta memilih fungsi sinus atau cosinus dan frekuensi (1-10). Berikut contoh operasi perkalian fungsi 0,5 sin(x) dan 2 cos(6x)
Khusus terkait pembelajaran deret Fourier, operasi perkalian 2 fungsi ini menunjukkan bahwa, luas/area dalam satu periode (2π) sama dengan 0 (luas area di atas sumbu x = luas area di bawah sumbu x), KECUALI jika kedua fungsi sama-sama sinus atau cosinus dan memiliki frekuensi yang SAMA !
Contoh di bawah ini menunjukkan perkalian fungsi -0,5 cos(3x) dengan 2 cos(3x). Terlihat hanya ada luas area di bawah sumbu x saja.
Semoga excel ini bisa membantu untuk memahami deret Fourier yang akan dipublish pada post selanjutnya.
Silakan memodifikasi dan unduh file opsin.xlsx di tautan di bawah ini:
Selamat Mencoba







Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar