Gerak Proyektil (Gerak Peluru) dengan Excel tanpa VBA

Gerak proyektil atau gerak peluru atau gerak parabola yang dipelajari pada pelajaran Fisika, umumnya diketahui memiliki 2 variabel awal, yaitu kecepatan awal dan sudut awal sebuah proyektil/peluru yang ditembakkan, mengikuti suatu persamaan kuadratik tertentu sehingga posisi proyektil/peluru dapat diketahui menurut fungsi waktu. Gerak proyektil digunakan pada game (permainan) ketangkasan seperti Angry Birds, cat vs dog, dan lain-lain.
Telah banyak tulisan/blog membahas tentang gerak persamaan gerak proyektil, pada excel kali ini diutamakan visualisasi gerak proyektil yang ditembakkan. Tidak hanya 1 proyektil, namun bisa digunakan hingga 5 penembakkan proyektil dengan kecepatan dan sudut awal berbeda-beda, tujuannya agar bisa dibandingkan visualisasi antara 2 atau lebih penembakkan.
Tuliskan kecepatan awal dan sudut pada masing-masing penembakan. Kosongkan nilai kecepatan awal apabila penembakan tidak dibutuhkan, maka visualisasi gerak proyektil dapat dilihat pada grafis di sebelah kanan. Pada excel ini disediakan pula variabel ketinggian awal penembakan dilakukan, serta ketinggian akhir (terjauh) yang dicapai (namun bila ketinggian akhir yang ingin dicapai terlalu tinggi, maka visualisasi tidak ditampilkan). Parameter-parameter seperti waktu puncak, tinggi maksimum, waktu total dan jarak terjauh dapat dilihat di bagian bawah input parameter.
Untuk visualisasi lontaran proyektil secara bersama-sama antar penembakan dapat ditampilkan dengan menggeser scroll bar yang ada tepat di atas grafik.
Anda dapat bebas memodifikasi excel ini dan untuk lebih jelasnya silakan unduh file projectil.xlsx di tautan di bawah ini:
unduh file excel
Selamat  Mencoba

Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar