Referensi Tugas Akhir Jurusan Fisika

Assalamu'alaikum sobat, kali ini saya/gue/ane/aku akan memakai "saya". Eh salah, kali ini saya akan post tentang "tempat atau website untuk referensi tugas akhir jurusan fisika".  Bicara mengenai Tugas Akhir sob, pasti sobat butuh banyak referensi. Saran saya sob, banyakin cari referensi sebelum semseter 7 buat persiaapan, nantinya kan enak. Udah gak perlu galau mikirin TA di semester akhir  -_-, biar sobat udah punya gambaran mau ngapain entar.  Nah untuk mencari referensi mungkin sobat bingung cari referensi yang lengkap dimana. Ya selain di perpustakaan kampus, namun jika enggak ada gimana? ya mungkin googling lah. Tapi dimana hehe. Ok, tanpa basa-basi lagi saya kasih tahu.
     Pernah dengar istilah repository? Menurut KBBI, repository adalah tempat penyimpanan atau gudang. Namun yang saya maksud bukanlah itu, repository yang saya bahas adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi (red : Linux) yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut.. Nah repository ini, di kampus- kampus banyak banget digunakan untuk umum, seperti jurnal, tugas akhir, thesis, buku kampus dsb. Jadi menurut saya, referensi itu udah banyak banget tersedia di internet yang gratis yang disediain kampus-kampus. Tinggal sobat yang menentukan, cari referensi atau main fb. Eh kagak nyambung ya wkwk. Ok kali ini saya serius.
     Di Indonesia, udah banyak banget repositroy yang tersedia, yang menyediakan ya pihak kampus. IPB menduduki ranking pertama, disusul UNDIPUMS UGM  di Indonesia. Penilaian dari ranking tersebut ane juga belum tahu sob, sobat bisa cek DISINI.
      Di repository setiap kampus beda-beda sob sistem manajemennya. Ada TA yang hanya boleh dilihat abstractnya saja, ada yang full download seluruh isi TA, ada yang bagian bab 2 dan 3 nya gak boleh didownload, tapi yang lainnya boleh dsb. Sobat lihat sendiri saja ya hehe. Yang saya share kali ini cuma repository tugas akhir jurusan fisika saja. Berikut yang ada fisikanya:
Repository TA S2 Fisika ITB 
Repository TA S1 Fisika USU
Repository TA S1 Fisika IPB
Untuk informasi keseluruhan repository yang ada di Indonesia, sobat bisa lihat DISINI.
Sekian postingan menunggu pagi saya kali ini, semoga bermanfaat :D

Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar