Semaphore dengan Excel

Semaphore atau Semafor adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita secara visual yang biasanya menggunakan bantuan bendera. Biasanya semaphore sering diajarkan dan digunakan pada kegiatan pramuka. Penjelasan detil tentang semaphore dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris, cukup banyak dapat dicari di mesin pencari.
Excel ini dapat digunakan untuk belajar menggunakan sandi semaphore. Ketikkan huruf, kata atau kalimat ke dalam sel D3, lalu geser-geserlah scrollbar di bawahnya maka akan terlihat ilustrasi bendera semaphore di bawahnya. Untuk berlatih mintalah orang lain untuk mengetikkan suatu kata misteri yang harus ditebak pada sel D3, lalu klik centang ‘sembunyikan tulisan’ maka tulisan dan huruf panduan akan disembunyikan. Selanjutnya gerakkan scrollbar dengan durasi waktu tertentu untuk tiap huruf, semakin mahir mestinya durasi waktu ini lebih singkat.
Tentu masih ada kekurangan-kekurangan dalam excel ini seperti: hanya untuk huruf alfabet tidak untuk angka,  tidak nampak peralihan apabila ada 2 huruf berulang, dan sebagainya. Silakan anda utak-atik excel ini sesuai keinginan.
semafor1
Berikut arti bendera semaphore yang didapatkan dari situs www.shutterstock.comsemaphore-from-shutterstockSilakan unduh file semapor1.xlsx di tautan di bawah ini:
unduh file excel
Selamat Belajar

Comments

Popular posts from this blog

Menguraikan Vektor Gaya di Bidang Miring

Pembiasan Cahaya Pada Kaca Plan paralel, Contoh Soal dan Pembahasan

Percepatan Sudut (Anguler) Gerak Melingkar